REMBANG – Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Rembang dan Satlantas Polres Rembang melakukan pemeriksaan kelayakan dan keselamatan atau ramp check bus menjelang Lebaran. Ram cek dilakukan sebagai bagian dari inspeksi kelayakan angkutan penumpang sekaligus menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.

Dalam ram cek yang digelar di depan terminal Kota Rembang, Rabu (03/04/2024) itu, tim gabungan menghentikan seluruh bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antar provinsi (AKAP) dan bus pariwisata.

Kepala Dishub Pemkab Rembang, Drupodo, mengatakan, cek kelayakan kendaraan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan setiap bus memenuhi standar operational prosedur (SOP) dalam mengangkut penumpang. Dengan sasaran unsur administrasi dan tehnik.

“ Ramp check harus dilakukan guna menjamin keselamatan penumpang saat masa libur panjang Lebaran,” ujar Kepala Dishub.

Lebih lanjut dikatakan bahwa ram cek juga ingin memastikan bus yang mengangkut pemudik yang hendak pulang kampung benar-benar layak beroperasi. Penguatan inspeksi kelayakan angkutan Lebaran diharapkan mampu menekan tingkat kecelakaan di jalan raya saat masa puncak musim libur.

“ Sehingga kelayakan angkutan penumpang saat Lebaran harus benar-benar dipastikan demi keselamatan penumpang,” kata dia.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Rembang AKP Sugito, S.H. mengatakan dalam ram cek itu petugas gabungan juga melakukan pengecekan kelayakan jalan seperti rem, lampu sein, dan ban bus. Kemudian petugas melakukan pengecekan kelayakan jalan seperti roda, rem, lampu sein, dan lampu utama hingga palu pemecah kaca dan APAR.

“ Selain itu ram cek juga mengecek dokumen kelengkapan kendaraan seperti uji kir dan surat izin mengemudi (SIM), STNK tak luput dari pemeriksaan petugas. Bus juga harus dilengkapi alat pemadam api ringan (Apar) untuk mengantisipasi bila terjadi kebakaran,” ungkap Kasat Lantas.

Kegiatan serupa bakal kembali dilakukan saat arus balik Lebaran untuk memastikan bus layak mengangkut penumpang yang hendak kembali ke daerah perantauan.

HUMAS POLRES REMBANG

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kompol Joko Lelono, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama