Banyuwangi – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi memastikan kesehatan hewan ternak jauh dari penyakit agar menjamin hewan kurban sehat dan aman dikonsumsi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dispertan Banyuwangi Nanang Sugiharto menyatakan, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masih berstatus wabah karena belum dicabut wilayah dengan zona merah.

Namun, Nanang menjelaskan jika capaian vaksin PMK di Banyuwangi sudah cukup tinggi, sekitar 65 persen dari total populasi sapi yakni sekitar 116.784 ekor. Terlebih Dispertan memiliki target sekitar 70 persen sapi sudah dilakukan vaksin PMK.

“Untuk hewan kurban, khususnya sapi aman dan sehat di Banyuwangi,” ucap. Nanang pada Sabtu (1/6/2024).

Untuk saat ini, kata Nanang, dalam tiga bulan terakhir tidak ada laporan kasus PMK, namun beberapa bulan lalu muncul laporan dua ekor sapi terdampak PMK. Adanya temuan itu, vaksinasi PMK terus digenjot dan berjalan.

“Total populasi hewan ternak di Banyuwangi di antaranya sapi sekitar 116.784, kambing 126.671 dan domba 143.328,” paparnya.

Dalam memberikan pelayan terbaik pada saat menyongsong Hari Raya Idul Adha, Dispertan telah menerapkan SOP yang ketat. Di antaranya membatasi arus lalu lintas ternak yang akan masuk Banyuwangi.

Selain itu, peternak juga harus menunjukan status vaksinasi yang jelas. Bahkan, untuk SOP pemotongan hewan harus ada, termasuk sertifikat veteriner, sekaligus ternak yang akan dipotong wajib dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan yang berwenang.

“Kita selalu evaluasi 6 bulan sekali, dan tidak masalah bagi para peternak untuk menjual hewan kurban,” tuturnya.

sumber: liputan6

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi